Jenis-Jenis Kolesterol

Jenis-Jenis Kolesterol – Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang 80% dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (zat makanan) untuk bermacam-macam fungsi di dalam tubuh, antara lain membentuk dinding sel.

Jenis-Jenis Kolesterol

Jenis-Jenis Kolesterol

Kolesterol Tinggi

Mungkin Kata Kolesterol sudah sering kita dengar sehari-hari. Kata kolesterol sangat melekat dengan hal-hal seputar makanan yang lezat, berat badan yang berlebihan, usia, dan lain sebagainya. Kolesterol cenderung dikenal sebagai sesuatu yang negatif dan harus kita hindari.

Jenis-Jenis Kolesterol yang berada dalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, sejauh pemasukan ini seimbang dengan kebutuhan, tubuh kita akan tetap sehat.

Jenis-Jenis Kolesterol tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut Lipoprotein, yang dapat dianggap sebagai ‘pembawa’ (carrier) kolesterol dalam darah.

Jenis-Jenis Kolesterol

Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)

Jenis kolesterol ini berbahaya sehingga sering disebut juga sebagai kolesterol jahat. Kolesterol LDL mengangkut kolesterol paling banyak di dalam darah. Tingginya kadar LDL menyebabkan pengendapan kolesterol dalam arteri. Kolesterol LDL merupakan faktor risiko utama penyakit jantung koroner sekaligus target utama dalam pengobatan.

Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)

Kolesterol ini tidak berbahaya. Kolesterol HDL mengangkut kolesterol lebih sedikit dari LDL dan sering disebut kolesterol baik karena dapat membuang kelebihan kolesterol jahat di pembuluh darah arteri kembali ke hati, untuk diproses dan dibuang. HDL mencegah kolesterol mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses Aterosklerosis (terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah).

Trigliserida

Selain LDL dan HDL, yang penting untuk diketahui juga adalah Jenis-Jenis Kolesterol Trigliserida, yaitu satu jenis lemak yang terdapat dalam darah dan berbagai organ dalam tubuh. Meningkatnya kadar trigliserida dalam darah juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Sejumlah faktor dapat mempengaruhi kadar trigliserida dalam darah seperti kegemukan, konsumsi alkohol, gula, dan makanan berlemak.

Untuk mendapatkan kadar kolesterol normal maka hal yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi asupan makanan yang bisa memicu naiknya kolesterol tinggi. Kadar kolesterol normal memang mempunyai beberapa fungsi yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Dan beberapa fungsi dari kadar kolesterol normal tadi adalah sebagai lemak tubuh unutk menyusun struktur yang ada pada membran sel. Selain itu juga bisa membantu dalam melindungi tubuh, kulit an juga racun serta dari masalah kekeringan. Pembentukan dari vitamin D yang dilakukan bersama dengan sinar UV serta bisa membentuk asam empedu di dalam usus. Namun kenaikan dari terjadinya kadar kolesterol normal yang berubah menjadi tinggi di dalam tubuh akan menyebabkan terjadinya berbagai masalah dan gangguan kesehatan, salah satunya adalah disfungsi ereksi, masalah gagal ginjal, serta serangan jantung dan penyakit stroke dan bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit alzheimber.

Makanan Untuk Kolesterol Tinggi

Dibawah ini beberapa jenis makanan yang baik untuk mendapatkan kadar kolesterol normal adalah :

  1. Buah tomat
    Buah tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh kita. Caranya adalah Anda bisa membuat jus dari buah tomat yang segar dan kemudian minumlah dua gelas jus tomat dalam setiap harinya.
  2. Buah delima
    Buah delima merupakan jenis buah yang merah kecil dan juga sangat baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi agar tetap dalam keadaan normal. Fungsinya adalah membantu mengurangi terjadinya suatu penumpukan plak pada koelsterol dan juga bisa membantu meningkatkan produksi dari oksida nitrat yang akan membantu dalam mengurangi terjadinya plak di dalam arteri.
  3. Buah alpukat
    Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah yang bisa membantu mendapatkan kadar kolesterol normal. Selain itu, manfaat dari buah alpukat adalah membantu meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. hal ini disebabkan karena dua jenis-jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh.
  4. Buah anggur
    Buah anggur adalah salah satu jenis buah untuk mendapatkan kadar kolesterol normal. Dengan minum paling tidak 2 gelas jus anggur dalam sehari, maka hal inik bisa membantu meningkatkan kolesterol baik yang ada di dalam tubuh.
  5. Bawang putih
    Bawang putih memang sudah terbukti lama bisa membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi. Bawang putih merupakan ssalah satu jenis rempah-rempahan yang sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh. sebaiknya usahakan bahwa mengonsumsi satu siung bawang putih dalam sehari untuk memabntu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh.
  6. Jenis kacang kedelai
    Olahan dari jenis kacang kedelai misalnya adalah seperti tahu dan juga tempe. Dari kedua jenis olahan kedelai tersebut maka sangat baik sekali dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi yang ada di dalam tubuh. dan selain itu juga manfaat yang lain didapatkan adalah sumber protein yang ada dari kedua jenis makanan tadi.
  7. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan yang dimaksud disini adalah jenis kacang tanah, kacang kenari, kacang almond, dan juga jenis kacang edamame. Kandungan lemak omega-3 yang ada di dalamnya dan juga kandngan antioksidan yang ada di dalam kacang-kacangan ini merupakan nutrisi yang sangat baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah.

Jenis-Jenis Kolesterol


=====================================

>>> Kapsul Garlic (Bawang Putih), Bagus Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kadar Kolesterol Normal and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>