Kadar Kolesterol Normal Dalam Darah

Kadar Kolesterol Normal Dalam Darah – Untuk mengetahui Kadar Kolesterol Normal Dalam Darah berserta komponennya harus melalui suatu pemeriksaan pada kadar lemak dalam darah. Dari hasil pemeriksaan kadar lemak darah sangat penting untuk mengetahui seseorang menderita dislipidemia atau tidak. Pemeriksaan dilakukan setelah puasa 12-16 jam (selama puasa hingga pengambilan darah tidak boleh makan dan minum, kecuali air putih tanpa gula). Parameter yang diperiksa paling sedikit meliputi kolesterol total, kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan trigliserida.

Kadar Kolesterol Normal Dalam Darah

Kadar Kolesterol Normal Dalam Darah

Pedoman Kadar Kolesterol Darah Normal

Berikut ini pedoman profil lemak darah untuk Kadar Kolesterol Normal Dalam Darah menurut US National Cholesterol Education Program (NCEP) hasil revisi tahun 2001.

1. Kolesterol

– Sehat/normal : kadar kolesterol < 200 mg/dl
– Mengkhawatir/ batas tinggi : kadar kolesterol 200-239 mg/dl
– Buruk/tinggi : kadar kolesterol ≥ 240 mg/dl

2. Kolestterol LDL (kolesterol jahat)

– Optimal : < 100 mg/dl
– Diatas optimal : 100-129 mg/dl
– Mengkhawatirkan /batas tinggi : 130-159 mg/dl
– Buruk/tinggi : 160-189 mg/dl
– Sangat buruk/sangat tinggi : ≥ 190 mg/dl

3. Kolesterol HDL (kolesterol baik)

– Buruk/rendah : < 40 mg/dl
– Mengkhawatirkan : 41- 59 mg/dl
– Diharapkan/ tinggi : ≥ 60 mg/dl

4. Kadar trigliserida

– Sehat/normal : < 150 mg/dl
– Ambang tinggi : 150-199 mg/dl
– Buruk/tinggi : 200-499 mg/dl
– Sangat buruk/ sangat tinggi : ≥ 500 mg/dl

Rasio kadar kolesterol total terhadap kadar HDL juga penting diperhatikan karena nilainya lebih bermakna terhadap kemungkinan risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Menurut Framingham Heart Study, rasio yang ideal antara kolesterol total : HDL, yaitu 2,5-3,4. Nilai rasio 3,5 -4,5 masih ditoleransi namun harus diwaspadai. Nilai rasio diatas 4,5 mempunyai risiko mendapatkan serangan jantung dua kali lebih besar daripada yang nilai rasionya 3,5-4,5. Makin besar rasio kolesterol total dengan HDL, maka makin meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Jika mampu mengendalikan Kadar Kolesterol Normal Dalam Darah dan kadar kolesterol total di bawah 200 mg/dl maka proses arteriosklerosis akan terhambat. Selain itu, kadar kolesterol LDL yang melebihi 160 mg/dl dapat meningkatkan risiko terjadinya arteroklerosis 2,5 kali lipat. Sebaliknya, menurunkan kadar LDL yang berlebihan menurunkan risiko penyakit jantung hingga lebih dari 10 tahun.

Orang-orang yang mempunyai kadar kolesterol total 200-240 mg/dl memiliki ancaman penyakit jantung koroner dua kali lebih besar dibandingkan dengan kadar dibawah 200 mg/dl. Ancaman ini meningkat empat kali lebih besar jika kadar kolesterol mencapai 300 mg/dl. Kadar 200-300 mg/dl banyak disebabkan salah pada makan yang berkepanjangan. Keadaan ideal kadar kolesterol total darah dalam tubuh sebaiknya memang selalu berada dibawah 200 mg/dl.

Makanan Diet Kolesterol

Beberapa jenis makanan dibawah ini bisa membantu Anda dalam mendapatkan kadar kolesterol normal adalah :

  1. Ikan
    Ikan merupakan salah satu jenis makanan dengan kandungan omega-3 di dalamnya yang sangat baik yang bisa membantu dalam mencegah berbagai serangan penyakit jika dikonsumsi dengan teratur. Diet kaya akan omega-3 akan membantu dalam mengurangi terjadinya resiko serangan jantung dan  bisa membantu mengurangi resiko yang terjadi akibat pengentalan darah dan bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ahli kesehatan sangat menganjurkan sekali dalam mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3 di dalamnya paling tidak sebanyak 2 takar dalam seminggu. Salah satu penelitian yang dilakukan menemukan bahw pada pengidap penyakit diabetes tipe 2 yang banyak mengonsumsi jenis ikan dengan kandungan omega-3 di dalamnya dalam 9 mingu bisa mengalami suatu penurunan konsentrasi pdan juga pada ukuran jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh.
  2. Kayu manis
    Kadar kolesterol normal juga bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi ramuan atau ekstrak kayu manis. Salah satu studi atau penelitian yang dilakukan menunjjukkan bahwa dengan mengonsumsi paling tidak ½ sendok teh kayu manis dalam sehari maka hal ini bisa membantu dalam mengurangi kadar gula darah untuk mereka penderita penyakit diabetes tipe 2. Dan selain itu juga, kayu manis memang sudah terbukti bisa dengan efektif membantu mengurangi jumlah kadar trigliserida, LDL dan juga kadar kolesterol total yang ada di dalam tubuh.
  3. Kacang-kacangan
    Mendapatkan kadar kolesterol normal di dalam tubuh bisa dengan mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan. Mungkin masih belum banyak yang mengetahui bahwa kacang-kacangan mengandung kandungan asam lemak omega-3 yang bisa membantu dalam menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Kacang kenari dan kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang bisa membantu untuk menurunkan kolesterol tinggi. Salah satu studi atau penelitian yang dilakukan menemukan bahwa dengan cara mengonsumsi paling tidak kenari hijau maka akan sangat bermanfaat sekali dalam membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.
  4. Buah dan sayuran
    Buah dan juga jenis sayuran adalah salah satu jenis makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalamnya yang sangat berfungsi sekali dalam membantu menurunkan resiko akibat penyakit kolesterol. Buah-buahan yang dimaksud adalah buah anggur, buah apel, buah apricot sedangkan untuk jenis sayuran yang baik adalah sayuran seperti kol, bawang putih, dan juga ubi jalar. Selain untuk bebas kolesterol, buah dan juga sayuran yang mengandung serat tinggi serta kandungan pektin yang tinggi di dalamnya adalah 2 unsur yang memang sudah terbukti bisa membantu untuk mengurangi kolesterol tinggi.

Kadar Kolesterol Normal Dalam Darah


=====================================

>>> Kapsul Garlic (Bawang Putih), Bagus Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kadar Kolesterol Normal and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>