Manfaat Kolesterol

Manfaat Kolesterol – Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak yang lunak, berwarna kuning, dan seperti lilin yang diproduksi oleh tubuh, terutama di dalam hati. Setiap hari, hati menghasilkan sekitar 800 mg kolesterol. Selain dari hati, kolesterol juga dapat berasal dari makanan produk hewani, sepeti kuning telur, otak, daging, makanan laut (seafood), susu dan produk olahan susu. Manfaat Kolesterol

Manfaat Kolesterol

Manfaat Kolesterol

Manfaat Kolesterol Dalam Darah

Manfaat Kolesterol dalam darah yang langsung berasal dari makanan hanya seperempatnya diserap di usus, sedangkan sisanya merupakan hasil produksi sel-sel hati. Kolesterol sebenarnya memberi manfaat bagi tubuh dan fungsi organ tubuh lainnya, Manfaat Kolesterol seperti :

  1. Membentuk hormon seks yang sangat penting bagi perkembangan dan fungsi organ seksual.
  2. Membentuk hormon korteks adrenal yang penting bagi metabolisme dan keseimbangan garam dalam tubuh.
  3. Pertumbuhan jaringan otak dan syaraf.
  4. Pembungkus jairngan saraf dan melapisi membran sel
  5. Membuat vitamin D yang sangat bermanfaat untuk menyerap kalsium tubuh sehingga kesehatan tulang dapat terjaga.Bahan baku pembentukan asam garam empedu yang berperan meningkatkan pembuangan lemak.

Bagaimana kolesterol itu bisa melebihi kadar normal kolesterol :

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh (gajih, jeroan, keju, susu, margarin/mentega) dan lemak trans (gorengan, kue kering, margarin/mentega) dan kolesterol sehigga tidak mampu mengendalikan kadaranya.
  2. Proses pengeluaran kolesterol ke usus besar melalui asam empedu terlalu sedikit.
  3. Faktor genetik, yatu produksi kolesterol dalam hati yang disebut dengan kolesterol endrogen terlalu banyak.

Makanan Kolesterol Tinggi

Beberapa jenis makanan dibawah ini merupakan makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi dan mendapatkan kadar kolesterol normal adalah :

  1. Anggur merah
    Salah satu penelitian yang dilakukan menemykan bahwa orang yang meminum paling tidak jus anggur selama 14 hari atau dua minggu akan berturut-turut membantu menaikkan kadar kolesterol normal dan total dan kolesterol baik atau HDL. Jus anggur merah atau wine memang sudah terkenal dengan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya yang sangat tinggi yang bisa berperan dalam membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik yang ada di dalam darah.
  2. Jus lemon
    Cara mendapatkan kadar kolesterol normal adalah dengan mengonsumsi jus lemon. Kandungan limonoids yang ada di dalam lemon bisa sangat berguna sekali dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Dan selain itu juga lemon merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan vitamin C yang baik dan tinggi dan juga merupakan antioksidan yang tinggi dan kuat. Vitamin C yang terdapat di dalam buah lemon jika sudah dikonsumsi paling tidak selama 30 hari maka akan membantu menurnkan resiko penyakit kolesterol yang bisa signifikan.
  3. Teh
    Salah satu penelitian yang dilakukan mengenai teh karena kandungan komponen bioaktif yang paling dominan yang ada di dalam teh sudah terbuktii sangat membantu untuk mencegah dari terjadinya suatu percepatan atau akselerasi atau juga oksidasi dari kolesterol yang jahat. Dan dengan teratur atau dengan rutin mengonsumsi teh setiap hari maka jumlah yang sangat wajar akan sangat bermanfaat sekali untuk membantu mengurangi dari terjadinya suatu penyumbatan pada pembuluh darah yang akan bisa memicu terjadinya penyakit jantung. Kolesterol yang baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sedangkan, kolesterol jahat yang akan menimbulkan masalah di dalam tubuh kita.

Selain dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi diatas, beberapa cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur menu atau juga pola diet makan. Pola makan yang buruk adalah salah satu hal pemicu dari terjadinya masalah kolesterol tinggi. Artinya adalah dengan cara memperbaiki pola makan Anda agar lebih baik lagi maka hal ini akan membantu dalam menurunkan kolesterol jahat. Dan jika Anda ingin menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh Anda, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan menghilangkan atau juga paling tidak adalah dengan cara mengurangi jenis makanan yang mengandung kandungan lemak di dalamnya. Misalnya adalah seperti keju, daging merah, telur, dan beberapa jenis makanan yang digoreng, keripik serta jenis makanan yang mengandung minyak berlebihan.

Selain itu, cara menurunkan kolesterol tinggi yang ada di dalam tubuh untuk mendapakan kadar kolesterol normal adalah dengan obat kolesterol. Terdapat berbagai macam jenis obat kolesterol yang bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh. Namun sebaiknya dalam mengonsumsi obat kolesterol untuk mendapatkan kadar kolesterol normal adalah dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter dan Anda harus mengetahui mengenai obat kolesterol jenis apa yang cocok untuk tubuh Anda. Walaupun memang tidak semua orang bisa menggunakan jenis obat-obatan yang bisa membantu dalam mendapatkan kadar kolesterol normal. Tetapi banyak orang yang merespon hal ini dengan sangat baik. Dan juga dalam beberapa kasus dimana suatu perubahan dari pola serta menu diet, dan melakukan olahraga yang teratur yyang bisa membantu memberikan pengaruh besar untuk mendapatkan kadar kolesterol normal di dalam darah.

Lakukanlah olahraga paling tidak 3 kali dalam seminggu. Anda juga tidak usah melakukan olahraga dengan durasi yang dilakukan selama berjam-jam. Yang dibutuhkan adalah hanya dengan melakukan olahraga paling tidak 3 kali dalam seminggu.

Manfaat Kolesterol


=====================================

>>> Kapsul Garlic (Bawang Putih), Bagus Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kadar Kolesterol Normal and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>